was successfully added to your cart.

Indonesia Dorong Ekspor Kopi Arabika ke Eropa Melalui World of Coffee

Senin, 25 Juni 2018, 16.15 WIB

GOODNEWSFROMINDONESIA.ID, Amsterdam– Belanda adalah salah satu pasar memiliki potensial dalam hal kopi Indonesia di Eropa. Nilai ekspor kopi Indonesia tahun 2017 tercatat sebesar 9,2 juta dolar AS dengan tren peningkatan selama lima tahun terakhir sebesar 23,4 persen.

Paviliun Indonesia mempromosikan kopi Arabika dan Robusta “specialty” (bercita rasa spesial) dalam World of Coffee di RAI Amsterdam, Belanda, 21 hingga 23 Juni.

Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja secara resmi membuka Paviliun Indonesia yang menampilkan beragam kopi specialty Arabica dan Robusta berasal dari Sumatera Gayo, Bajawa Flores, Bali Kintamani, Sulawesi Toraja dan Jawa Barat.

Nur Evi Rahmawati, Sekretaris Pertama Fungsi Ekonomi KBRI Den Haag, di London pada Jumat (22/6/2018) berkomentar keikutsertaan Indonesia sangat tepat karena World of Coffee merupakan platform “coffee trade show” tahunan terbesar di wilayah Eropa yang dilakukan secara “roadshow” di kota-kota besar benua tersebut.

Dibuka oleh Duta Besar RI Untuk Kerajaan Belanda I Gusti Agung Wesaka Puja. Indonesia pada ajang itu menampilkan beragam kopi “specialty” Arabika dan Robusta Sumatera Gayo, Bajawa Flores, Bali Kintamani, Sulawesi Toraja dan Jawa Barat Preanger.

Keikutsertaan Indonesia dalam pameran dagang tersebut merupakan hasil dari sinergi tiga kantor perwakilan Republik Indonesia di Den Haag, Brussel dan Jenewa. Lima perusahaan Kopi Indonesia yakni Bintang Lima Pasifik, Blanco Coffee, Gayo Mandiri, Arisarina dan SCAI ikut mempromosikan produknya melalui program Coffee Cupping yang menyuguhkan masing-masing kopi “specialty” unggulan dalam pameran itu.

Banyak pembeli kopi mengunjungi Paviliun Indonesia di acara tersebut, hal tersebut berkaitan dengan peran dari KBRI Den Haag yang menggandeng Coffee and Thee Associatie Belanda. Garuda Indonesia Amsterdam pada kesempatan itu juga mendukung dengan menyediakan “doorprize” berupa satu tiket Amsterdam-Jakarta PP (pergi-pulang) bagi para pembeli yang melakukan “trade deal” dengan Indonesia.

KBRI akan terus memberikan dukungan dan perhatian agar pengusaha kopi Indonesia melakukan promosi di Belanda melalui fasilitasi Paviliun Indonesia di pameran sekelas World of Coffee.

“Harapan saya melalui pameran ini, kopi unggulan Indonesia semakin diminati oleh pasar Belanda bahkan di wilayah Eropa lainnya,” ujar Dubes Puja pada pembukaan Paviliun Indonesia di RAI Amsterdam.

 

Red: M. Fachrezy Zulfikar

Source: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/06/25/indonesia-dorong-ekspor-kopi-arabika-ke-eropa-melalui-world-of-coffee?utm_campaign=share-gnfi&utm_source=Twitter&utm_medium=social&utm_content=Twitter-T